Koordinasi WASH di Indonesia selama Pandemi COVID-19

Intan/ December 7, 2020/ Field Story, News, RedR Roster Deployment/ 0 comments

Read in English here.

Melalui program Australia Assists yang didanai oleh Pemerintah Australia, RedR Indonesia dan RedR Australia mengirim Fauzan Adhitia, anggota roster RedR, untuk membantu UNICEF Indonesia sebagai Asisten Koordinator Global WASH. Selama enam bulan ditugaskan di UNICEF, Fauzan mendukung Koordinator Klaster WASH dalam rapat koordinasi Klaster WASH yang melibatkan 55 organisasi, lembaga masyarakat sipil, kementerian terkait, serta menyebarluaskan informasi dan bekerja sama dengan sektor swasta. Pertemuan mingguan ini dilaksanakan setidaknya 18 kali dalam masa penugasannya, dimana rata-rata 140 orang menghadiri pertemuan tersebut tiap minggunya.

Fauzan juga mengawasi pendistribusian 750.000 sabun ke daerah-daerah dengan tingkat penyebaran COVID-19 yang tinggi sebagai bagian dari kemitraan antara UNICEF dan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membantu masyarakat setempat dalam melindungi diri dari pandemi.
Meski baru bergabung setelah tiga kali rapat koordinasi telah dijalankan, Fauzan merasa tidak ada kesulitan dalam mengejar ketertinggalan. “Karena saya sudah pernah bekerja di klaster WASH sebelum penugasan ini, saya cukup familiar dengan tugas-tugas sebagai Asisten Koordinator Global WASH dan alur kerja yang sudah ada.”

Familiaritas ini, Fauzan menambahkan, juga karena keterlibatannya dalam Pelatihan Inti Kerja Kemanusiaan – WASH yang diselenggarakan oleh RedR Indonesia tahun 2019. Pelatihan tersebut memberikan wawasan baru dan juga kesempatan berjejaring dengan pegiat kemanusiaan lainnya sehingga ia tidak menemui banyak kesulitan dalam penugasannya.

Penempatan aktor kemanusiaan lokal seperti Fauzan juga memberikan keuntungan, terutama dalam keadaan darurat dimana penting bagi aktor untuk segera mendarat dan bekerja. “Pertemuan biasanya dilakukan dalam Bahasa Indonesia, sehingga kefasihan Bahasa Indonesia dan familiaritas dengan situasi sosial budaya di Indonesia sangat membantu memperkuat komunikasi dan kemitraan kami dengan organisasi dan instansi pemerintah lainnya,” tambah Fauzan. Dengan penugasan Fauzan, diharapkan akan semakin banyak pekerja kemanusiaan lokal yang diterjunkan untuk merespon darurat bencana di Indonesia dan global.

Sebagai Asisten Koordinator Global WASH, selain memfasilitasi rapat koordinasi, ia juga bertanggungjawab dalam mengumpulkan informasi dan laporan terkait kebutuhan dan kegiatan dari organisasi mitra dan CSO yang bekerja di klaster WASH dan menyampaikannya secara rutin dalam pertemuan dan kepada kementerian dan pemerintahan terkait untuk membantu proses pengambilan keputusan, mengidentifikasi kesenjangan dan masalah yang perlu ditangani serta melibatkan aktor non-pemerintah.

“Sektor swasta juga dapat menjadi mitra yang baik dalam respon dan kerja kemanusiaan, jadi penting bagi kami untuk berkomunikasi dan melibatkan mereka.”

Di luar klaster WASH, Fauzan juga membantu program WASH yang diprakarsai oleh UNICEF, seperti advokasi pentingnya 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak) tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga bekerja sama dengan kantor UNICEF di tingkat provinsi.

Penempatan Fauzan merupakan salah satu kontribusi RedR Indonesia dalam memperkuat koordinasi dalam tanggap kemanusiaan di Indonesia, khususnya dalam penanggulangan COVID-19. Meskipun pandemi ini merupakan tantangan baru, tidak dapat disangkal bahwa dampaknya telah menyebar ke aspek lain kehidupan kita karena menangani pandemi global seperti COVID-19 menyoroti penyediaan air bersih yang aman, sanitasi, dan promosi kebersihan sangat penting dalam mencegah penyebaran penyakit menular dan melindungi kesehatan manusia. Kita harus bekerja sama untuk memastikan tidak ada celah yang tidak terselesaikan selama respon, yang mencakup kebutuhan kelompok marjinal dan rentan seperti perempuan, anak-anak, muda atau tua, penyandang disabilitas, dan minoritas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*